FGD Rencana Aksi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Kabupaten Tuban (2)

Bagikan

Tindak lanjut pendampingan dan kerjasama CSWS bersama BAPPEDA Kabupaten Tuban, diadakan Focus Group Discussion (FGD) yang kedua dengan tema Penyusunan Rencana Aksi Daerah TPB/SDGs II. Dilaksanakan pada hari Senin tanggal 23 Juli 2018 bertempat di Ballroom Fave Hotel Tuban Pukul 10:00-12:30 WIB. FGD ini dimoderatori oleh Firda Indrayanti dan selaku pemateri : Linggar Rama Dian Putra. Dalam FGD ini turut dihadiri Kepala BAPPEDA dan Kepala BPS Kabupaten Tuban. Susunan acara FGD dimulai dari pembukaan oleh Kepala Bappeda Tuban : Ibu Mustarikah, sambutan oleh perwakilan CSWS Fisip Unair : Bpk Gitadi Tegas,  presentasi Dokumen RAD SDGs Kab Tuban oleh Bpk Linggar Rama Dian Putra, diskusi dan Tanya Jawab oleh peserta SDGs dan diakhiri  penutup oleh moderator dan Perwakilan CSWS.

FGD SDGs Tuban II. 23/07/18

Fokus pada FGD kali ini adalah sinkronisasi program oleh setiap OPD dengan rencana kerja yang diemban Bappeda. Dalam sesi tanya jawab peserta antusias dalam memberi kritik dan masukan diantaranya kepala BPS, Asisten Ahli Bupati, Dinas Pendidikan, BPBD-Damkar, Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas PUPR, Dinas PRKP, Dinas Lingkungan Hidup, dan perwakilan Universitas Ranggalawe Tuban.  RAD mengacu sampai 2019 maka SDGs ini juga hanya sampai 2019. Harus menunggu perpres berikutnyauntuk kelanjutan SDGs sampai 2030. Saat ini RAD ini digunakan untuk mapping apakah sudah mencukupi semua tujuan, atau setidaknya mampu menampung semua tujuan itu di daerah dan  Sasaran Nasional dan daerah lebih baik diisi dengan indikator-indikatornya sehingga orang mudah membacanya.

Dokumen RAD SDGs merupakan dokumen Rencana Aksi yang disusun berdasarkan RPJMD Kab Tuban 2016-2021. Target nasional dan target Daerah Tuban dilakukan penyelarasan dengan memperhatikan kondisi dan tantangan yang terjadi di Kabupaten Tuban. Dalam mencapai tujuan SDGs, tidak semua program yang terdapat dalam RPJMD Tuban dapat dikategorikan atau mendukung indikator dalam tujuan-tujuan SDGs. Sehingga, penyusunan dokumen RAD juga didukung oleh data dari OPD terkait di Kabupaten Tuban. Dengan dokumen RAD SDGS Kab Tuban, akan menunjukkan posisi Kabupaten Tuban dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Dan juga, sebagai pedoman dalam merancang RPJMD periode berikutnya. (Rkn)