Program Magang CSWS

Bagikan

Program magang merupakan salah satu program CSWS FISIP sebagai bentuk pengabdian pada kampus. Program ini dilaksanakan sejak tahun 2017 dengan lima batch atau lima angkatan magang. Sasaran program ini adalah mahasiswa aktif atau mahasiswa akhir FISIP. Program ini bersifat nirlaba atau tidak dipungut biaya.

Pelatihan Olah Data

Adapun aktivitas yang dilakukan selama magang berkaitan dengan pengenalan tata kelola dalam sebuah pusat studi. Meliputi pengenalan penelitian dan pendampingan, pengolahan data, penelitian kritik kebijakan dan pelatihan menulis. Ketika CSWS FISIP UNAIR mempunyai agenda penelitian atau pendampingan di lapangan, peserta magang juga turut dilibatkan selama kegiatan di lapangan.Tujuannya agar peserta magang mengetahui secara langsung kegiatan yang dilakukan oleh pusat studi pada umumnya dan mendapat pengalaman baru khususnya untuk penelitian dan pendampingan.

Menurut Direktur CSWS FISIP UNAIR, Dr. Siti Aminah, program magang di CSWS berupaya mengajak mahasiswa untuk belajar dan mengenali pekerjaan yang sesuai atau lebih kurang mendekati real job seperti menjadi analis politik. CSWS memberikan ketrampilan analisis isu-isu terkait fenomena politik teraktual. Jika peserta ingin menjadi seorang peneliti. CSWS menyediakan ketrampilan untuk menganalisis dan menghasilkan produk ilmiah seperti kertas kerja atau rekomendasi kebijakan yang ada. Jika berniat untuk menjadi peserta magang harus mempunyai peminatan yang disesuaikan dengan esensi kegiatan yang dimiliki oleh CSWS FISIP UNAIR misalnya terkait desa, tata ruang dan transportasi. Program magang menawarkan inovasi dan praktek dari peserta yang diperoleh selama kuliah untuk dibagi dan dikaji bersama. Jadi proses dialog dan diskusi menjadi basis dalam setiap alur kegiatan magang.

Peserta magang diberikan kegiatan praktek pengolahan data, tata cara penulisan policy brief, pengolahan website, pembuatan buletin, teknik penulisan artikel dan teknik penulisan proposal sampai pembuatan laporan. Setiap minggu terdapat kegiatan yang mengulas tentang review kebijakan dan teknik penulisan resensi buku. Diharapkan program magang CSWS FISIP UNAIR memberikan wawasan, pengalaman dan praktek langsung terkait dengan penelitian dan pendampingan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *