FGD Digitalisasi Data Kemiskinan Tuban

Bagikan

Peringkat kemiskinan di Kabupaten Tuban masih menduduki peringkat kelima di provinsi Jawa Timur. Angka kemiskinan di Tuban mengalami penurunan pada tiga tahun terakhir. Butuh sisi analisis yang bisa mengena sasaran tidak hanya menggunakan alokasi APBD tetapi perlu menggerakan titik yang ada pelaku usaha, investor dan dekat daerah tambang. Investor diberi Pekerjaan Rumah untuk mengembangkan masyarakat sekitar.


Bertempat di ruang rapat lantai dua Pangeran Anom Gedung BAPPEDA Kabupaten Tuban. Agenda FGD berisi tentang Pemaparan laporan Pendahuluan Strategi Pengentasan Kemiskinan di Kabupaten Tuban Kebijakan Digitalisasi Data dan Participatory-deliberative process. Orientasi dari kegiatan ini diharapkan pada masa depan dapat menuju data goverment.

Diskusi terpimpin (FGD) dilaksanakan sebagai bagian dari kegiatan bersama antara Center for Security and Welfare Studies (CSWS) FISIP Universitas Airlangga dengan BAPPEDA Kabupaten Tuban. Melibatkan beberapa OPD yang berkaitan dengan pembangunan dan kemiskinan seperti Dinas Kesehatan, Dinas UMKM, Dinas PU, BPS dan berbagai institusi terkait. Dalam diskusi kali ini tim data dari CSWS mengenalkan teknik data minning. Pemaparan dari Hendro Margono mengevaluasi tentang bagaimana manajemen data dalam sebuah institusi khususnya pemerintahan. Teknologi digital data minning menyajikan akses tak terbatas pada pengolahan data. Kecenderungan dari institusi pemerintahan penyajian data terlalu sedikit, kesulitan untuk pengolahan dan menggunakan variabel seadanya. Kluster dibuat tidak model konvesional tapi berdasarkan pada data mining (machine learning).

Rekomendasi kebijakan menjadi salah satu mekanisme dalam penanggulangan kemiskinan. Daerah investasi tinggi cenderung ada ancaman kemiskinan di masa depan. Pembebasan lahan, ganti untung dan setelah itu masyarakat kehilangan akses hidup. Kegiatan bersama ini memprioritaskan pada empat kecamatan yaitu Jenu, Kerek, Merak Urak dan Soko. Beberapa daerah menjadi kawasan industri di masa depan yang terdapat investasi besar. Cluster analysis digunakan untuk melihat pola dan menjadi skala prioritas intervensi di Tuban strategi untuk intervensi pada daerah yang menjadi target cluster menjadi pokok kajian dari kegiatan kajian evaluasi dan strategi pengentasan kemiskinan di Kabupaten Tuban. (RO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *