Riset Perubahan Sosial dan Pembangunan Lombok

Lombok adalah salah satu pulau yang menarik karena banyak obyek wisata dan pesona budaya. Dibalik pembangunan Lombok, ada yang menarik untuk dikaji dengan perspektif sosiologi dan antropologi serta teori-teori perubahan sosial dan pembangunan. Terlepas dari keindahan dan kemolekan Pulau Lombok karena daya dukung alam yang memadai, ada yang menarik untuk kita perhatikan terutama untuk menjelaskan perubahan sosial dan pembangunan.

Pembangunan sirkuit motor balap di Kuta Mandalika, pembangunan dan pengembangan industri pariwisata yang masif di area pesisir menjadi salah satu dinamika sosial masyarakat Lombok. Potensi konflik yang terjadi karena perbedaan sudut pandang aliran keagamaan, permasalahan pernikahan dini dengan potensi konflik adat dan penyelesaian secara adat menjadi warna lain dalam kehidupan sosial budaya. Video ini adalah hasil refleksi dari penelitian kolaboratif dengan FES Indonesia. Kegiatan lapangan tahap pertama oleh tim CSWS pada 11-16 Oktober 2022 di Lombok Tengah, Lombok Barat dan Lombok Timur.

Pembangunan dan modernisasi seperti dua sisi mata uang. Kemakmuran dan kemajuan menjadi nilai positif bagi pengembangan masyarakat atas nama pembangunan. Di sisi lain, kemiskinan dan ketimpangan sosial menjadi bagian yang tidak dapat dielakan dari sebuah kepentingan pasar global yang eksploitatif. Penelitian ini menjadi awal rangkaian kegiatan penelitian kolaboratif yang dilaksanakan di tiga area: Provinsi Jawa Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Provinsi Sumatera Utara. (ROI)