Seminar ICP Penelitian Pernikahan Dini Balitbangprov Jatim

Seminar Idea Concept Paper (ICP) empat bidang kerja diadakan tanggal 1 November 2022 bertempat di Gedung PKK (Selatan Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur yang sedang diadakan pembenahan fisik untuk selanjutnya menjadi kantor BRIDA). Kegiatan ini bersumber turut dihadiri oleh Tim Penjaminan Mutu (TPM), pejabat struktural dan undangan dari para peneliti. Seminar ICP ini diperuntukkan untuk Peneliti/perekayasa yang ada di Kantor Litbang Provinsi Jawa Timur. Adapun yang menjadi output dari kegiatan ini adalah dokumen Idea Concept Paper (ICP) sebagai dasar pelaksanaan penelitian tahun anggaran ke depan.

Seminar ICP Balitbangprov Jatim

Idea concept paper (ICP) adalah konsep baru yang dibuat peneliti/perekayasa sehubungan dengan dinamika sosial kemasyarakatan dan dituangkan kedalam ide-ide rencana usulan kegiatan kegiatan kelitbangan sesuai dengan Permendagri Nomor 20 Tahun 2011. ICP dibuat setelah arah kebijakan dan penyusunan program lingkup Kantor Penelitian dan Pengembangan ditetapkan dan sebelum usulan kegiatan kelitbangan ditindaklanjuti dalam bentuk TOR/Proposal. Dalam kegiatan ini para peneliti/perekayasa memaparkan usulan penelitian/perekayasaan mereka dihadapan seluruh pegawai Kantor Penelitian dan Pengembangan Provinsi Jawa Timur.

Mengusung proposal Terobosan Kebijakan untuk Mengakhiri Praktik Pernikahan Dini: Menjunjung Tinggi Hak-hak Anak Perempuan Mencapai Tujuan Kesehatan dan Pembangunan di Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini difasilitasi oleh Bidang Sosial dan Kependudukan Balitbangprov Jatim. Masukan dari Tim Penjamin Mutu dalam seminar ini pentingnya membuat riset yang konsisten pada koridor bidang yang telah ditentukan. Aspek keberlanjutan juga menjadi perhatian mengingat tahun mendatang Balitbangprov akan berubah menjadi BRIDA sebagaimana amanat pemerintah pusat. (ROI)